Untuk Apa Sekolah, Cuma Menghabiskan Biaya Saja

Diposting oleh Sedih Rian Ahyadi on Jumat, 19 Juli 2013

Untuk apa sekolah, cuma menghabiskan biaya saja jika tidak mampu memahami dan menguasai ilmu yang disampaikan guru. Untuk apa sekolah, jika hanya menguasai teori tanpa pernah praktik dan akhirnya kandas sebagai alumni tanpa pekerjaan. Mengapa praktik sangat penting, karena bekerja tidak butuh teori. Yang dibutuhkan adalah action, sedangkan teori adalah panduan dalam bekerja sehingga proporsinya secukupnya saja. Dan begitulah siswa sekolah kejuruan diarahkan untuk lebih ke arah praktik daripada berkutat dengan teori yang bikin jenuh.

Sepertinya saya terkesan lebih pro kepada praktik daripada teori. Bukannya teori tidak penting, tetapi dalam dunia usaha teori diletakkan belakangan. Action lebih dulu diutamakan. Hampir semua pakar entrepreuner di Indonesia menyuruh kita lebih mengutamakan action daripada banyak berpikir dengan berbagai teori yang bersumber dari buku manajemen yang membuat kita takut memulai usaha. Bahkan Master Otak Kanan Indonesia, Bapak Ippo R. Santosa begitu gigih mendahulukan otak kanan alias action daripada otak kiri alias banyak pertimbangan. 

Karena itulah, strategi awal saya dalam membantu sahabat saya yang mendirikan SMK di yayasan pendidikannya adalah membangkitkan minat dan motivasi siswa agar mereka memiliki inisiatif dan semangat belajar. Mengapa inisiatif dan motivasi pribadi diperlukan ? Tentunya ini terkait dengan harapan sahabat saya agar para siswa sekolahnya tidak terpaku pada pelajaran dan fasilitas yang diterima mereka di sekolah. Tetapi mereka juga secara mandiri mengembangkan kemampuannya untuk menjadi siswa yang kreatif.

Tanpa inisiatif dan kemandirian dari siswa itu sendiri, maka sangat berat untuk berharap mereka bersaing dengan para siswa yang bersekolah di sekolah yang lebih maju. Karena sekolah yang berdiri lebih awal tentunya memiliki fasilitas yang lebih lengkap dalam mendukung proses belajar mengajarnya. 

Bagaimana cara memberikan motivasi khusus kepada mereka, pastinya akan memberikan semangat bahwa tempat bersekolah tidak menjamin seseorang lebih baik atau lebih jelek kemampuannya. Walaupun secara teori dibenarkan bahwa sekolah yang lebih maju pasti lebih baik dan berkualitas. Namun perlu diingat, bahwa banyak orang terkenal dan kalangan pengusaha lahir dan dibesarkan oleh sekolah yang sederhana. Apa yang membuat mereka luar biasa ? Semangat dan motivasi mereka untuk belajar dan siap berkompetisi membuat mereka yang biasa jadi luar biasa.

Dengan inisiatif, seseoarang tidak menunggu tetapi memiliki keinginan sendiri dalam menggali kemampuan dirinya dan mengasah minat bakatnya. Inisiatif yang mandiri membuat keterbatasan yang mereka dapatkan di sekolah bisa ditingkatkan lebih baik. Karena itulah, dorongan agar mereka lebih memiliki inisiatif untuk melengkapi fasilitas dalam belajar sangat perlu jika fasilitas sekolah belum layak atau belum lengkap.

Ini pernah saya alami bersama seoarang teman ketika mengikuti Lomba Keterampilan Siswa SMEA dulu. Dimana fasilitas yang terbatas dari sekolah tidaklah cukup mendukung kami memiliki dan mengasah keterampilan. Akhirnya walaupun numpang sana sini dan begadang setiap malam di rumah kenalan bahkan di kantor teman saat mereka pulang kantor kami lakoni. Alhasil, prestasi bisa diraih.

Begitu juga ketika saya diperintah atasan menukangi bagian komputer yang pada saat itu nyaris belum pernah saya pelajari karena memiliki sistem operasional yang baru. Untuk berharap belajar dari komputer kantor yang jumlahnya terbatas, tentunya sulit. Karena itu, tanpa disuruh pun saya berusaha memiliki PC bekas untuk belajar di rumah dan akhirnya hampir seluruh rekan kantor meminta referensi terkait dengan IT pada saya. Mengapa ? karena saya lebih berinisiatif dan akhirnya lebih dulu tahu dari mereka. 

Ini juga yang saya harapkan pada siswa SMK milik sahabat saya di awal pendiriannya. Sarana dan prasarana yang terbatas tidak membuat seseorang tidak bisa maju. Inisiatif dan motivasi mampu mengubah hal yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Go.. Semangat..!!

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar

Blog Ini DOFOLLOW Auto Approve dan dibantu oleh IKLAN. SILAHKAN KLIK IKLAN Jika Anda Sempat. Terima kasih atas Kunjungan Anda..